PMMB merupakan program yang dilaksanakan oleh Universitas Teknokrat Indonesia bekerja sama dengan Forum Human Capital Indonesia (FHCI) yang merupakan suatu wadah bagi divisi SDM Badan Usaha Milik Negara (BUMN) se-Indonesia.
a. Maksud dan Tujuan PMMB: Maksud: Untuk menjawab tantangan SDM BUMN dimasa yang akan datang, menciptakan SDM unggul dengan kompetensi yang mumpuni melalui Pemagangan di BUMN Mencetak SDM yang berdaya saing global. Tujuan: Menghadirkan Sinergi melalui BUMN Hadir Untuk Negeri, Kandidat rekrutment untuk BUMN terkait. Menciptakan SDM yang berjiwa Entreprenuer sesuai dengan kebutuhan BUMN. b. Kategori/Jenis PMMB PMMB dibagi menjadi 2 (dua) jenis pelaksanaan: 1. Magang Bersertifikat Kompetensi Mahasiswa melaksanakan pemagangan sesuai dengan kompetensi Bidang (Posisi) yang menjadi persyaratan untuk menduduki posisi tsb selama 6 (enam) bulan. Peserta Magang akan melaksanakan Uji Kompetensi sesuai dengan Kompetensi Bidang pada akhir masa pemagangan yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Nasional.
2. Magang Bersertifikat Industri Mahasiswa melaksanakan pemagangan sesuai dengan Project yang diberikan oleh pihak Industri selama 6 (enam) bulan. Peserta magang dinyatakan selesai mengikuti pemagangan setelah menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang telah di tentukan, yang kemudian di akui oleh pihak Industri dengan mengeluarkan Sertifikat Industri sesuai dengan Project tsb.
c. Tahapan Magang 1) Pendaftaran secara online 2) Seleksi Berkas 3) Wawancara (Beberapa perusahaan tertentu) 4) Match Up (Penempatan oleh pihak FHCI) 5) Pengumuman 6) Pembekalan 7) Magang
d. Waktu Magang Magang dilaksanakan selama 1 semester (6 bulan). Dalam satu tahun PMMB dibagi menjadi dua termin (bacht). 1) Batch 1: Februari s.d Juli 2) Batch 2: Agustus s.d Januari
e. Kriteria/Persyaratan PMMB 1) Mahasiswa aktif 2) IPK Minimal 3.0 3) Minimal semester 6 4) Mengumpulkan Pakta Integritas 5) Transkrip Nilai (Legalisir) 6) Surat Izin Orangtua/wali 7) Salinan KTP 8) Pas Foto 4×6 9) Surat Keterangan Tidak Mampu (Jika Ada) 10) Surat keterangan sehat/rapid test 11) Surat Berkelakuan Baik/SKCK 12) BPJS 13) Buku tabungan/no rekening